wellcome!!!!!!

click

Tuesday, December 16, 2008

Teori Utilitas dan contoh...

1. PENGERTIAN

Utilitarianisme adalah paham atau aliran dalam filsafat moral yang menenkankan prinsip manfaat atau kegunaan (the principle of utility) sebagai prinsip moral yang paling dasariah. Etika utilitarianisme menganggap bahwa sesuatu itu dapat dijadikan sebagai norma moral kalau sesuatu itu berguna. Kegunaan atau manfaat suatu tindakan menjadi ukuran normatif.

2. CIRI-CIRI UTILITARIANISME

1. Kritis.

Utilitarianime berpandangan bahwa kita tidak bisa begitu saja menerima norma moral yang ada. Utilitarianisme mempertanyakan norma itu.

2. Rasional

Utilitarianisme melihat dari segi rasional dari norma moral yang ada.

3. CONTOH

Seks sebelum nikah. Bagi penganut utilitarianisme, seks sebelum nikah itu belum tentu buruk. Harus dianalisis dulu apakah kegunaan seks pra nikah itu. Apakah akibat baik yang ditimbulkan seks pra nikah itu lebih besar daripada akibat buruknya. Kalau akibat baiknya lebih besar maka seks pra nikah itu bukan saja tidak dapat dilarang tetapi wajib dilakukan. Kalau akibat buruk seks pra nikah itu lebih besar maka seks pra nikah itu wajib dilarang.
dan dari segi rasional,utilitarianisme mempertanyakan sebab-sebab seks pra nikah dilarang,kalau mereka merasa alasan nya tidak rasional,maka mereka tidak menaati norma tersebut dan membolehkan seks pra nikah.

0 comments: